JANGAN KHAWATIR! KINI SUDAH ADA KURSI RODA UNTUK PENDERITA CEREBRAL PALSY


Menderita penyakit cerebral palsy tentu tidak diinginkan oleh semua orang. Tapi penyakit yang satu ini adalah penyakit yang sudah tertanam sejak masa kandungan. Celebral palsy adalah kondisi dimana anak mengalami cedera otak sejak lahir. Umumnya anak yang menderita penyakit ini ialah anak yang lahir dalam kondisi prematur. Anak mengalami gangguan gerak, otot serta motorik yang disebabkan oleh cidera otak. Maka, anak akan kesulitan untuk berdiri tegak dan bergerak. Kelumpuhan pada kakinya juga menjadi salah satu akibat dari cidera otak. Maka, mereka sebenarnya membutuhkan kursi roda khusus yang bisa menopang tubuhnya dengan baik.

Ada 17 juta jiwa penderita penyakit cerebral palsy di dunia. Di Indonesia sendiri, terdapat 300 ribu jiwa penderita cerebral palsy. Terganggunya fungsi otak dan syaraf mempengaruhi motorik, daya belajar, pendengaran, penglihatan dan berpikir. Kondisi seperti ini memang sulit untuk diobati. Tapi mereka harus melakukan terapi untuk membuat otot-ototnya tidak begitu kaku. Selain itu, mereka juga membutuhkan alat bantu kesehatan seperti kursi roda untuk mengontrol gerakan yang dilakukan anak. Mereka bisa pergi kemana saja dengan mudah, serta tanpa harus kesulitan menggerakan kakinya.

Kursi roda untuk penderita cerebral palsy ini sudah ada sejak lama. Memang harganya relatif lebih mahal daripada kursi roda pada umumnya. Tetapi, fungsinya sangat bagus untuk menunjang aktifitas penderita gangguan syaraf motorik ini.

Kursi roda cerebral palsy terdapat dua jenis yakni untuk anak-anak dan dewasa. Karena pada dasarnya penderita penyakit ini tidak bisa sembuh, sehingga saat dewasa akan membutuhkan kursi roda yang ukurannya berbeda. Kondisi fisiologi tiap penderita juga berbeda-beda. Sehingga saat menggunakan kursi roda juga butuh disesuaikan agar nyaman saat digunakan.

Fasilitas yang ada pada kursi roda cerebral palsy berbeda dengan kursi roda biasa. Alat bantu kesehatan ini memiliki dua buah sabuk pengaman. Sandarannya pun ada bermacam-macam. Ada sandaran punggung, pundak, tangan dan kepala. Demi menyesuaikan dengan kondisi fisiologi anak, kursi roda ini bisa dimiringkan sesuai dengan kebutuhannya. Kursinya juga dilengkapi dengan busa agar penggunanya merasa nyaman saat duduk di kursi roda. Agar bisa melindungi keselamatan anak, kursi roda ini juga dilengkapi dengan 2 rem tangan dan rem bawah. Sehingga tidak perlu khawatir penggunanya akan jatuh saat berjalan. Bahkan ada pula diantaranya jenis kursi roda dengan tempat BAB, sangat fungsional bagi mereka yang menggunakannya.

Penggunaan alat bantu kesehatan ini tentu bermanfaat bagi penderita cerebral palsy. Mereka bisa beraktifitas seperti orang pada umumnya jika menggunakan kursi roda ini. Bagi yang sulit berjalan karena kondisi kakinya lumpuh, tidak perlu susah-susah menyeret kaki lagi. Selama ada alat bantu kesehatan ini, maka penderita penyakit ini bisa dengan mudah berjalan kesana kemari. Tak hanya itu, kursi roda ini juga bisa membantu terapi bagi penderitanya. Sandaran lengan yang ada di kursi roda juga berfungsi untuk mengistirahatkan lengan tangan penderita. Di bagian bawah, tentunya ada sandaran kaki yang berfungsi untuk meletakan kaki sesuai dengan posturnya. Tentunya dengan menggunakan alat bantu kesehatan ini, pergerakan dan mobilisasi penderita cerebral palsy bisa dilakukan dengan mudah.

Jadi, janganlah berkecil hati jika menderita cerebral palsy. Pada hakikatnya kondisi tersebut bukanlah sebuah penyakit, tapi adalah sebuah keunikan. Jangan khawatir akan susah beraktifitas, selama ada kursi roda khusus untuk cerebral palsy, penggunanya tetap bisa berjalan-jalan kemana pun yang diinginkan. Sekaligus membantu peregangan otot-otot sebagai terapi melalui kursi roda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019