Mengenal Jenis Kursi Roda Sebagai Alat Bantu Jalan


Kursi roda dikenal sebagai alat bantu jalan yang kerap digunakan oleh mereka yang mengalami kesulitan untuk berjalan, baik dikarenakan menderita cedera atau penyakit tertentu. Ada beberapa jenis kursi roda sesuai kebutuhan.

Setiap pasien mempunyai keterbatasan dan kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Karena itulah, dalam memilih kursi roda yang tepat, perlu mengeetahui jenis kursi roda dan kebutuhannya. Ada 2 kelompok besar kursi roda  berdasar jenisnya, yaitu :

1. Kursi roda manual
yaitu kursi roda yang bisa digerakkan menggunakan tangan pengguna kursi roda. Biasanya kursi roda ini digunakan dalam berbagai kegiatan. Berat kursi roda manual ini biasanya antara 21-24 kg dan dapat dilipat. Adapun kursi roda manual ini juga terbagi lagi menjadi dua macam, yaitu kursi roda standar dan kursi roda reclining. Kursi roda standar umumnya digunakan oleh pasien di Rumah Sakit. Sedangkan kursi roda reclining adalah kursi roda yang sandarannya bisa direbahkan, fungsinya untuk memudahkan pasien menyandarkan kepala sehingga duduk lebih nyaman. Sudut kemiringan sandaran punggung ini berkisar antara 145°- 180° sesuai kebutuhan pasien.

2. Kursi roda elektrik
yaitu kursi roda yang bisa digerakkan oleh motor listrik lewat baterai. Kursi roda ini sering disebut sebagai motorized wheel chair, dan biasanya sudah dilengkapi dengan remote control. Ada juga jenis khusus kursi roda elektrik yang dirancang untuk memudahkan dalam bepergian atau travelling. Dan kursi roda travelling biasanya dirancang bobotnya sangat ringan dan simple, yaitu antara 12 - 15 kg.

Dalam memilih jenis kursi roda yang sesuai, pastikan nyaman digunakan dan yang penting dapat menyangga postur tubuh pasien, baik ketika posisi duduk maupun berbaring. Untuk itu, temukan beragam jenis produk kursi roda di http://www.alatkesehatan.id/kategori-produk/aneka-alat-bantu/beli-alat-bantu-jalan/kursi-roda/ dengan koleksi lengkap dan kualitas terbaik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019