Amalan Doa Perjalanan Jauh : Ayat Pendek Tetapi Penting Maknanya


Perjalanan yang kita lakukan ialah perjalanan dengan berjenis-jenis ragam tujuan. Dapat jadi cuma akan pergi ke daerah dekat saja dari rumah atau menjalankan perjalanan ke luar tempat, ke luar kota, atau hingga ke luar negeri. Bukan lagi doa perjalanan denganlafadz permulaan “ bismillahitawakkaltu....” lagi tetapi dengan bacaan doa yang lainnya.


Bacaan dengan lafadz permulaan “bismillahitawakaltu.... “  mash konsisten dibaca, tetapi ditambah dengan membaca doa yang lainnya. Adapun doa yang dibaca hanyalah satu ayat saja. Cukup pendek dan gampang untuk dihafalkan, sama dengan doa yang sebelumnya. Jadi dapat dikatakan bahwa doa untuk perjalanan jauh ini terdiri dari rangkaian doa.

Berikut ialah doa yang dapat dilafalkan untuk perjalanan jauh :


للّٰهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِعَنَّابُعْدَهُ اَللّٰهُمَّ اَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِوَالْخَلِيْفَةُفِى الْاَهْلِ

Allohumma hawwin ‘alainaa safaranaa hadzaa waatwi ‘annaa bu’dahu. Allohumma antashookhibu fiissafari walkholiifatu fiil pakar

Artinya:  “Ya Allah, mudahkanlah kami berpergian ini, dan dekatkanlah kejauhannya. Ya Allah yang mendampingi dalam berpergian, dan Engkau pula yang melindungi keluarga”.

Arti dari doa yang dilafadzkan ketika bepergian jauh ini masih sama dengan arti dari doa yang dilafadzakan ketika keluar rumah. Tetapi ada tambahan arti yang terkandung didalamnya, merupakan seputar kemauan untuk langsung hingga ke daerah tujuan.

“.....dan dekatkanlah kejauhannya” ialah salah satu potongan arti dari doa ketika akan menjalankan perjalanan jauh. Maknanya ialah kemauan untuk langsung hingga di daerah tujuan meskipun sungguh-sungguh jauh jarak tempuhnya. Yang pasti diinginkan dapat menjalankan perjalanan dengan lancar dan tiba di daerah tujuan ideal waktu layak dengan kemauan.

“... dan Engkau pula yang melindungi keluarga”. Ini juga menjadi salah satu dari kutipan arti dari doa bepergian jauh. Kita minta perlindungan dalam perjalanan bukan cuma untuk diri kita sendiri, tetapi juga untuk keluarga yang turut dalam rombongan perjalanan atau untuk keluarga yang ada di rumah.

Bagi kita yang masih belum tahu seputar salah satu ragam doa perjalanan jauh, jarus langsung mempelajarinya dan mengamalkannya. Di man doa ini tak keok penting dengan doa keluar rumah.

Dua doa perjalanan yang harus kita baca ketika akan menjalankan perjalanan jauh wajib diamalkan demi keselamatan dalam perjalanan. Kecuali itu juga supaya perjalanan kita menerima restu dari Allah SWT. Bukan cuma sekadar berangkat dari rumah dan hingga di daerah tujuan saja.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019