Menghapal Doa Perjalanan Memakai Kendaraan


Beda dengan jaman dulu yang kebanyakan orang bepergian dengan berjalan kaki. Sekarang telah ada banyak ragam kendaraan yang siap untuk dinaiki ketika akan melaksanakan perjalanan, bagus perjalanan dalam jarak dekat dan jarak jauh. Meskipun bepergian menerapkan kendaraan, elemen keselamatan wajib menjadi prioritas utama. Untuk itulah kita wajib senantiasa membaca doa perjalanan.
Doa yang dibaca ketika akan melaksanakan perjalanan ini sifatnya universal. Ketika akan bepergian, baru keluar rumah, kita wajib membaca doa. Apabila menerapkan kendaraan, karenanya doanya wajib ditambah lagi.
Berikut yakni doanya :

اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ اَللَّهُ اَكْبَرُ سُبْحَانَ الَّذِى سَخَّرَ لَنَا هَذَا وَمَا كُنَّا لَهُ مُقْرِنِينَ وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُونَ اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ فِى سَفَرِنَا هَذَا الْبِرَّ وَالتَّقْوَى وَمِنَ الْعَمَلِ مَا تَرْضَى اللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا سَفَرَنَا هَذَا وَاطْوِ عَنَّا بُعْدَهُ اللَّهُمَّ أَنْتَ الصَّاحِبُ فِى السَّفَرِ وَالْخَلِيفَةُ فِى الأَهْلِ اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنْ وَعْثَاءِ السَّفَرِ وَكَآبَةِ الْمَنْظَرِ وَسُوءِ الْمُنْقَلَبِ فِى الْمَالِ وَالأَهْلِ


“Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar. Mahasuci Dzat yang sudah menundukkan segala ini bagi kami meski kami sebelumnya tak kapabel menguasainya dan sebenarnya kami akan kembali terhadap Rabb kami. Ya Allah… sebenarnya kami memohon kepadaMu kebaikan, taqwa dan amal yang Engkau ridhai dalam perjalanan kami ini. Ya Allah, mudahkanlah semua urusan dalam perjalanan kami ini, pendekkanlah jarak dari jauhnya bepergian dan substitusi bagi keluarga yang kami tinggalkan. Ya Allah Engkau yakni sahabat dalam perjalanan dan wakil dalam keluarga. Ya Allah sebenarnya saya berlindung kepadaMu dari kesusahan dalam bepergian, panorama yang menyedihkan dan jeleknya kembali bagus bagi harta ataupun keluarga kami.” (HR. Muslim).
Adapun makna yang terkandung dalam doa ini yang prasyarat akan kemauan keselamatan diri selama melaksanakan perjalanan dengan menaiki kendaraan. Mengingat banyaknya kcelakaan yang terjadi di jalan,karenanya kita wajib lebih berhati-hati.
Kecuali untuk menerima kemudahan dan perlindungan selama perjalanan, ada makna lain di balik doa perjalanan ini, merupakan :
1.            Ingin perjalanan tak memakan waktu yang terlalu lama. Doa perjalanan ini dikhususkan untuk memperpendek perjalanan, sehingga kita seketika hingga ke daerah tujuan dengan selamat.
2.            Mendoakan keluarga yang ada di rumah. Ini yakni keistimewaan dari doa ini. Kecuali dipanjatkan untuk kita sendiri, kita juga mendoakan keluarga yang ada di rumah.
3.            Mengharapkan semua urusan selama perjalanan dengan menaiki kendaraan dilancarkan.
Karenanya dari itulah, kita wajib melengkapi doa perjalanan yang selama ini telah kita biasakan. Doa perjalanan dengan naik kendaraan ini memang lebih panjang dari ragam doa sebelumnya, tapi benar-benar diutamakan untuk diamalkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019