Merawat Audio Mobil Agar Awet

Audio mobil adalah perangkat yang hampir selalu ada dalam sebuah mobil. Hampir setiap mobil pasti ada perangkat ini, termasuk juga mobil-mobil keluaran Daihatsu. Audio memang selalu menjadi andalan hiburan dan teman penat saat perjalanan, terlebih jika Anda sebagai kaum urban yang tak jarang merasakan kemacetan. Tentu ini akan menjenuhkan apabila di dalam kendaraan hanya senyap dan sepi yang didengar. Dengan audio, kebosanan jadi bisa teratasi. Namun, tak jarang juga yang menyepelekan kehadiran perangkat ini. Kebanyakan dari pemilik mobil malas untuk memperhatikan perawatan dari perangkat yang satu ini. Padahal, jika minim perawatan dan menggunakannya dengan asal, performanya jadi menurun dan tidak lagi membuat nyaman.

Cara Merawat Audio Mobil agar Awet

Merawat audio mobil sebetulnya tidaklah sulit. Bagi Anda para pecinta mobil, ada beberapa cara merawat audio pada mobil awet dan tetap memberikan performa yang baik. Pertama, pada saat akan mematikan mobil, matikan dulu perangkat audio. Hal ini sangat jarang diperhatikan, padahal mematikan mesin mobil tanpa mematikan audio mobil akan memperpendek usia audio. Ketika sistem audio masih dalam posisi menyala saat Anda mematikan mobil, maka audio secara otomatis menyala bersama dengan mobil dinyalakan. Dengan begitu sistem audio akan mendapat tegangan yang kurang stabil dari aki, sehingga cepat merusak komponen di dalamnya.

Kedua, jika menggunakan tipe head unit CD, gunakanlah CD original. Tidak dapat dipungkiri, CD dengan kualitas original bisa mempengaruhi kondisi audio player Anda. Hal ini karena CD original bisa memberi efek pada kinerja optik audio player. Ketiga, rajin-rajinlah membersihkan debu-debu pada head unit. Perhatikan celah-celah yang tidak terlihat dan rajinlah membersihkan debu yang menempel. Debu-debu yang lama menempel pada head unit bisa merusak komponen di dalamnya. Keempat, tidak menyalakan audio keras-keras. Selain mengganggu pendengaran Anda dan orang-orang di sekitar, hal ini juga bisa membuat audio mobil cepat rusak karena hantaman getar suara yang begitu kencang, sehingga lama-kelamaan suara audio jadi jelek.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019