Hukum Kurban bagi Orang Meninggal

Setiap yang bernyawa akan mati, dan bagi manusia yang telah meninggal maka akan terputus semua amalnya. Namun tidak untuk tiga jenis amalan yang akan mengalir selamanya, yaitu amal jariyah, ilmu, dan anak soleh. Kemudian seperti apa hukum kurban dalam Islam untuk orang yang telah meninggal. Banyak orang membeli hewan di situs jual beli kambing online untuk melaksanakan kurban atas nama orang tua atau kerabat yang sudah tiada. Hal tersebut masih belum banyak diketahui hukumnya secara jelas, apakah sah atau tidak. Masyarakat pun masih banyak yang bingung dan bertanya-tanya mengenai hukum untuk berkurban atas nama orang yang sudah meninggal. Berikut adalah beberapa hal mengenai kurban untuk orang meninggal.

Kurban untuk yang Sudah Meninggal

Tentang kurban sendiri adalah sebuah ibadah yang diwajibkan untuk masing-masing muslim. Berkurban menjadi tanggung jawab diri sendiri untuk ditunaikan saat Idul Adha. Kurban dilaksanakan setelah shalat ied, jadi hewan untuk kurban harus dibeli sebelum hari raya, baik beli di pasar atau online di jual beli kambing online. Berkurban harus memenuhi semua syarat berkurban dan juga syarat hewan kurban. Tidak ada ayat Al-Qur’an yang  menerangkan dengan jelas bagaimana hukumnya jika berkurban atas nama orang yang sudah meninggal. Menurut sebagian besar ulama, hal tersebut boleh dilakukan dan sah. Apalagi untuk orang yang sebelum meninggal pernah memiliki nazar atau berwasiat untuk berkurban. Jika seperti itu, maka ahli waris wajib menunaikan nazar untuk berkurban.

Kemudian bagaimana dengan pahalanya, apakah sampai kepada orang yang meninggal tersebut atau tidak. Kurban untuk orang meninggal merupakan ibadah yang masuk sebagai sedekah. Pendapat para ulama menyebutkan bahwa sedekah atas orang yang sudah meninggal akan sampai. Semua sedekah harta lain tidak hanya kurban. Hukum kurban dalam Islam hanya menyebutkan orang yang diwajibkan berkurban dan cara pelaksanaannya. Memang lebih baik jika kurban dilaksanakan segera untuk yang sudah mampu. Anda bisa membeli hewan kurban dengan mudah di AkadBaiq yang juga menyediakan tabungan kurban. Jika sulit untuk membeli sendiri ke pasar hewan, Anda bisa membeli melalui website jual beli kambing online yang banyak menyediakan hewan kurban dengan berbagai pilihan harga. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019