Ketentuan dan Hukum Melaksanakan Kurban dalam Islam

Setiap tahunnya, Idul Adha diperingati sebagai hari besar umat Islam. Mereka merayakannya dengan sebuah tradisi khas, yaitu ibadah kurban. Ibadah ini dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak yang kemudian daging kurban dibagikan pada orang-orang di lingkungan sekitar. Adapun hewan ternak yang digunakan untuk kurban di Indonesia biasanya adalah berupa sapi atau kambing, dimana saat ini semua itu bisa diperoleh dengan mudah melalui situs jual hewan kurban online.

Pada dasarnya, kurban ini berasal dari bahasa Arab “qoroba” yang berarti dekat atau mendekatkan. Maka, makna utama dari ibadah kurban ini adalah dimaksudkan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT. Caranya yaitu  dengan mengerjakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. 

Hukum ibadah kurban oleh para ulama dinyatakan sebagai sunnah muakkad. Artinya, ibadah kurban ini sangat dianjurkan, hingga hampir mendekati wajib. Ketentuan tentang ibadah kurban juga tercantum dalam surat Al Quran yang artinya “Dan bagi tiap-tiap umat telah Kami syariatkan penyembelihan (kurban), supaya mereka menyebut nama Allah terhadap binatang ternak yang telah direzekikan Allah kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, karena itu berserah dirilah kamu kepada-Nya. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah), “ (QS. Al-Hajj:34).

Dalam ibadah kurban, dikenal juga istilah ‘udhiyah’ untuk sebutan hewan kurban yang disembelih, serta ‘tadlhiyah’ sebagai makna kurban atau melakukan kurban. Hewan kurban yang bisa didapat melalui situs jual hewan kurban online pun tetap sah apabila memenuhi syarat dan ketentuan seperti sehat, tidak cacat dan sudah cukup umur. 

Agar kualitas hewan kurban terjamin, meski membelinya melalui tempat jual hewan kurban online, Anda harus memilih situs yang tepat untuk mendapatkannya. Salah satu rekomendasi terbaik adalah Akadbaiq. Sebuah platform digital yang menyelenggarakan layanan penyediaan hewan kurban sesuai ketentuan syariat dan telah terbukti kualitas pelayanannya. Ditambah dengan fitur andalan berupa program tabungan kurban, menjadi solusi bagi semua umat Islam untuk mampu merencanakan sendiri ibadah kurbannya. Sehingga melalui program tabungan inilah, kurban tak lagi terasa berat dan dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahunnya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019