Yang Perlu Diketahui dalam Pembagian Daging Kurban

Ibadah kurban telah menjadi sebuah tradisi umat muslim saat merayakan Idul Adha. Dalam ketentuan sesuai syariat Islam, ada beberapa kelompok orang yang berhak mendapatkan daging kurban. Maka, setelah mendapatkan hewan kurban yang salah satunya dapat dibeli melalui situs jual beli kambing online yang kemudian disembelih, berikut kelompok orang yang memiliki hak untuk diberikan daging kurban.  

Yang pertama untuk kaum fakir dan miskin. Golongan pertama ini sangat diutamakan untuk dibagikan daging kurban. Sebagaimana Allah SWT memerintahkan untuk memberikan makanan bagi mereka yang membutuhkan. Hal ini juga termasuk daging kurban yang dalam tergolong sebagai bahan makanan.

Yang kedua para kerabat, teman dan tetangga yang tinggal di lingkungan sekitar. Untuk golongan ini, tidak ada anjuran khusus yang menyebutkan bahwa harus golongan tertentu yang boleh dibagikan daging kurban. Artinya, tidak ada larangan untuk membagikannya pada orang yang mampu dan bahkan yang bukan muslim sekalipun. Tujuan utamanya adalah kurban mengandung makna berbagi kebahagiaan sehingga semua orang dapat merasakan nikmatnya daging kurban tanpa terkecuali.

Yang terakhir adalah orang yang mengeluarkan kurban beserta keluarganya juga mendapatkan hak atas pembagian daging kurban. Berbeda dengan zakat atau sedekah yang harus diberikan kepada orang lain, mereka yang telah melaksanakan atau mengeluarkan hewan kurban pun dibolehkan untuk turut menikmati daging kurban tersebut.

Dalam ketentuannya, masing-masing kelompok tersebut memperoleh bagian yang sama, yaitu ⅓ bagian dari daging kurban yang dihasilkan. Maka saat mendapatkan hewan kurban melalui situs jual beli kambing online, setelah hewan disembelih maka daging kurban pun ditimbang dan akan dibagikan pada ketiga kelompok penerima hak tersebut. 

Akadbaiq merupakan sebuah platform digital yang menyediakan layanan kurban secara online. Situs jual beli kambing online ini tak hanya menyediakan paket kurban, tersedia pula layanan pemotongan hewan kurban beserta distribusinya. Untuk hal tersebut, terdapat pilihan apakah konsumen menghendaki hewan kurbannya saja, atau sekaligus layanan pemotongan dan pembagian daging kurban. Sebab beberapa ulama berpendapat bahwa penyembelihan kurban lebih afdhol disaksikan sendiri oleh orang yang mengeluarkannya. Sehingga dengan demikian, ada keleluasaan pilihan bagi mereka yang menginginkan untuk melaksanakan ibadah kurban dengan sempurna.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019