Berlatih Alat Musik Dapat Menyebabkan Banyak Perubahan Struktural Di Otak

Berlatih alat musik dapat menyebabkan banyak perubahan struktural di otak setelah hanya 15 bulan pelatihan pada anak usia dini. Perubahan ini berkorelasi dengan peningkatan keterampilan motorik dan pendengaran tertentu.

Satu area di mana perubahan struktural dan fungsional ini terjadi adalah di hippocampus (ditunjukkan di atas), area otak yang terlibat dalam pembelajaran dan memori. Proses yang sangat penting untuk belajar dan memori dalam hippocampus adalah neurogenesis pembentukan neuron baru. Praktek memainkan alat musik memang sangat baik karena itu dapat meningkatkan neurogenesis terkait dengan peningkatan pembelajaran dan aktivitas memori.


Sedangkan ada juga orang yang mengalami Amusia. Nah amusia ini adalah bentuk ketulian nada parah yang mencegah orang membentuk keterampilan musik dasar dan yang dapat mengubah cara orang memandang musik. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa materi putih pada orang dengan amusia mungkin abnormal. Materi putih diisi dengan mielin. Karena mielin berfungsi dengan meningkatkan kecepatan impuls saraf berjalan, temuan ini menunjukkan bahwa untuk memproses musik neuron harus memiliki mielinisasi yang tepat. Gambar di sebelah kiri adalah MRI yang menunjukkan area di mana volume materi putih berbeda antara seseorang dengan amusia dan subjek kontrol.

Materi otak sebagian besar terbuat dari mielin, yang mengelilingi akson neuron untuk meningkatkan kecepatan impuls saraf. Dalam penelitian manfaat alat musik pada otak manusia ini, bentuk khusus MRI digunakan untuk mengukur jumlah materi putih yang ditemukan pada otak orang yang berlatih piano secara teratur. Temuan menunjukkan bahwa berlatih piano adalah cara yang efektif untuk meningkatkan struktur materi putih. Tampak di sini yang disorot dalam warna adalah dua area materi putih di otak yang dipengaruhi oleh praktik piano: kapsul internal (a, b) dan corpus callosum (c), materi putih yang menghubungkan dua belahan otak.

Jadi berrlatih alat musik jika konsisten dilakukan memang dapat menyebabkan banyak perubahan pada struktur otak, dan ini diharapkannya adalah perubahan yang baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019