Mengenal Ketentuan dalam Pembagian Daging Kurban

Ibadah kurban disunnahkan agama untuk dilaksanakan bagi muslim yang mampu. Ibadah yang diwujudkan dengan penyembelihan hewan ternak ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur kepada Allah, yang dilanjutkan dengan berbagi kebahagiaan pada orang-orang di lingkungan sekitar. Hewan ternak yang biasa digunakan untuk kurban diantaranya, kambing, domba,  kerbau atau sapi, sehingga tak heran saat menjelang hari itu tiba, tempat-tempat jual sapi kurban begitu banyak dikunjungi orang. 

Selain syarat-syarat hewan kurban, tata cara penyembelihan kurban, yang juga perlu diketahui adalah ketentuan dalam pembagian daging kurban. Ketentuan yang dimaksud yaitu ada porsi-porsi khusus yang harus dipenuhi saat membagi daging kurban. 

Pembagian daging kurban yaitu 1/3 bagian untuk kaum fakir miskin, 1/3 dibagikan pada teman ataupun tetangga dengan tetap memprioritaskan mereka yang miskin. Dan 1/3 bagian lagi bisa dimakan sendiri oleh orang yang melakukan ibadah kurban. Porsi pembagian kurban ini akan lebih mudah perhitungannya jika Anda kurban kambing, karena seekor kambing hanya bisa dikeluarkan oleh satu orang. Sedangkan untuk kurban sapi yang dilakukan secara berkelompok, tentu harus membaginya lagi dalam 7 bagian sesuai jumlah anggota kelompok yang kurban sapi tersebut.  

Maka dari sini Anda bisa menentukan keputusan, manakah yang lebih sesuai untuk kurban Anda. Baik sapi atau kambing, masing-masing memiliki kelebihan maupun kekurangan. Yang pasti syarat-syarat seperti kondisi kesehatan hewan, tidak cacat, serta cara perolehan yang halal tetap menjadi perhatian. Sehingga Anda tinggal mempertimbangkan pilihan pada tempat jual sapi kurban mana yang patut Anda pilih. 

Yang juga tak kalah pentingnya adalah memilih hewan kurban juga harus disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda. Sebab pada dasarnya ibadah kurban bukanlah suatu keharusan yang memaksa, namun harus berdasarkan keikhlasan dari tiap-tiap umat muslim yang mampu. Oleh karena itulah, untuk mendapatkan hewan kurban yang baik sesuai syariat sekaligus sesuai dengan kemampuan, Anda bisa mempertimbangkan Akadbaiq. Sebuah platform digital jual sapi kurban dan hewan kurban lainnya secara online yang memungkinkan Anda untuk menabung untuk membeli hewan kurban. Sehingga, cita-cita untuk menjalankan ibadah kurban bisa Anda laksanakan setiap tahunnya tanpa merasa berat. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019