Bolehkah Kambing Betina Dijadikan Kurban?

Menyembelih hewan kurban merupakan salah satu ritual ibadah umat Islam yang dilakukan saat Hari Raya Idul Adha. Sebagian besar ulama menyatakan bahwa hukum kurban adalah sunnah muakkad, artinya sangat dianjurkan. Sehingga tak heran saat menjelang hari raya tiba, banyak orang yang mengunjungi pasar hewan atau tempat jual beli kambing online dan hewan kurban lainnya untuk dapat melaksanakan ibadah kurban tersebut.

Dalam pelaksanaan kurban, dipersyaratkan untuk memilih hewan ternak terbaik, yaitu cukup usia, sehat, gemuk, dan tidak cacat. Dan yang penting pula adalah hewan kurban harus sesuai ketentuan, serta diperoleh dan disembelih dengan cara yang halal. Hewan ternak yang bisa dijadikan kurban antara lain unta, sapi, kerbau, kambing dan domba. Hewan bukan milik orang lain, dimana Anda bisa membelinya di tempat jual beli kambing online dan hewan kurban lainnya yang resmi dan terpercaya. 

Kambing adalah salah satu yang banyak dipilih sebagai hewan kurban di Indonesia. Di masyarakat terdapat keyakinan bahwa kambing yang digunakan untuk kurban adalah kambing jantan. Namun sebenarnya, bolehkah kambing betina dijadikan kurban? 

Merujuk pada pendapat Imam Nawawi dalam kitab Al-Majmū’ Syarḥ al-Muhadzzab, bahwa diperbolehkan berkurban dengan hewan jantan maupun betina. Hal ini mengacu pada sebuah hadits yang mengisahkan bahwa di zaman Rasulullah, aqiqah maupun kurban dapat dilakukan dengan menyembelih hewan ternak, tanpa menyebutkan jenis kelaminnya. Hanya saja terdapat anggapan di masyarakat bahwa daging kambing jantan itu lebih lezat, sementara daging kambing betina relatif lebih basah.

Dari hal tersebut, jelas tidak terdapat aturan baku tentang boleh tidaknya berkurban dengan kambing betina. Artinya, tidak ada ketentuan atau keutamaan hewan kurban yang didasarkan atas jenis kelamin hewan tersebut. Yang utama adalah hewan kurban sudah memenuhi kriteria sesuai syariat, yaitu sudah cukup usia, sehat, dan tidak cacat.

Untuk mendapatkan hewan kurban terbaik, Akadbaiq adalah salah satu rekomendasinya. Selain sebagai tempat jual beli kambing online dan hewan kurban lainnya, disini Anda juga bisa merencanakan kurban dengan program tabungan. Sehingga makin mempermudah dan meringankan niat Anda untuk mewujudkan kurban setiap tahunnya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019