Saat Harus Memilih Hewan Untuk Kurban

Setiap tahunnya, umat muslim merayakan Idul Adha dengan menyelenggarakan ibadah kurban. Tak heran bila Hari Raya Idul Adha disebut pula sebagai Idul Kurban. Ibadah yang satu ini dilakukan dengan cara menyembelih hewan ternak sesuai ketentuan syariat, yang kemudian dilanjutkan dengan membagikan daging kurban ke lingkungan sekitar. Maka, setiap tahunnya pula pasar-pasar hewan begitu marak pengunjung untuk mencari hewan kurban. Dan kini, masyarakat modern makin banyak pula yang mencarinya di situs jual hewan kurban online

Saat Anda sudah membulatkan niat untuk melaksanakan kurban, tentu harus diikuti dengan memilih hewan ternak yang sesuai untuk dijadikan kurban. Hal ini tak perlu dilakukan apabila membelinya di situs jual hewan korban online. Sebab di situs sudah ada standar baku hewan ternak sesuai syariat yang ditawarkan, yaitu berdasar bobot dan harganya. Namun, bila Anda memilih hewan kurban secara langsung di lapak atau pasar hewan, maka Anda harus perhatikan hal-hal sebagai berikut:


  • Urutan keutamaan hewan ternak untuk dijadikan kurban yaitu mulai dari unta, sapi lalu kambing. Namun tentunya, keputusan di tangan Anda apalagi bila terkait dengan budget yang tersedia.
  • Usahakan memilih hewan berjenis kelamin jantan, karena menurut beberapa ulama hewan jantan lebih afdol dijadikan kurban dibanding hewan betina.
  • Pilihlah hewan yang bertanduk dibanding yang tidak.  
  • Untuk kurban, pilihlah hewan dengan ciri-ciri terbaik. Seperti gemuk, segar, tanpa cacat, dan tentunya harga yang wajar.


Selain hal-hal tersebut, ucapkan Basmallah dan takbir saat hewan kurban disembelih. Diutamakan menyembelih hewan kurban dengan tangan sendiri sebagai wujud mendekatkan diri pada Allah. Namun bila merasa belum mampu melakukannya, bisa diwakilkan kepada orang yang lebih memahaminya sesuai tuntunan agama.

Itulah hal-hal yang perlu Anda lakukan saat memilih dan menyembelih hewan kurban. Untuk mewujudkan niat agar bisa berkurban secara rutin tiap tahunnya, ada baiknya Anda mengunjungi Akadbaiq. Situs jual hewan kurban online yang satu ini menawarkan fitur tabungan kurban, yang memungkinkan Anda untuk merencanakan kurban. Dengan sistem menabung, maka Anda bisa memilih hewan kurban sesuai keinginan dan pembayaran dengan cara mengangsurnya beberapa kali sesuai kemampuan. Cara ini tentu menjadi solusi bagi Anda agar menjadi “orang yang mampu” melaksanakan ibadah kurban secara konsisten. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tipe Apartment Alam Sutera Tangerang Paling Kecil

Alasan Daihatsu Xenia Banyak Diminati

Dimensi Grand New Xenia 2019